Outliers Malcolm Gladwell

Outliers Malcolm Gladwell

  1. Prisca Hemilis Safora
    Outliers Malcolm Gladwell
    Transcript Header:
    Outliers Malcolm Gladwell
    Transcript Body:
    • 1. Outliers Rahasia dibalik kesuksesan Malcolm Gladwell Prisca Hemilis Safora 201010160311276Majoring in Management Economic Fakulty University Of Muhammadiyah Malang 2010 / 2011
    • 2. Bagian Satu “ Kesempatan” Bab 11 Anda tidak bisa menggunakan uang untuk masuk kedalam dunia hoki Major Junior A. Merekatidak memedulikan siapa ayah atau ibu anda, atau siapa kakek anda, atau apa bisnis keluarga anda.Mereka juga tidak peduli apakah anda tinggal didaerah yang paling terpencil di Kanada. Kalau andamemiliki keahlian, jaringan pengintai hoki yang luas dan penemu bakat akan menemukan diri anda dankalau anda bersedia bekerja keras demi mengembangkan kemampuan itu, sistem ini akan memberiimbalan kepada anda. Kesuksesan didalam hoki didasarkan pada keberhasilan individu – dan kedua kata– kata itu sangat penting. Para pemain dinilai berdasarkan kinerjanya masing –masing, bukan kinerjaorang lain, dan berdasarkan keahlian mereka, bukan fakta yang bisa berubah – ubah.2 Apakah pertanyaan yang selalu kita ajukan tentang orang – orang yang sukses? Kita ingin tahuseperti apa orang yang sukses itu – kepribadian apa yang mereka miliki, atau seberapa cerdas orang –orang ini, atau gaya hidup seperti apa yang mereka jalani, atau bakat khusus apa yang mereka dapatkansejak lahir. Dan kita berasumsi bahwa berbagai kualitas pribadi itu menjelaskan mengapa individu –individu ini berhasil mencapai puncak kesuksesan. Dalam buku Outliers, ingin meyakinkan anda bahwa berbagai penjelasan tentang kesuksesanseperti itu tidak ada artinya. Orang – orang tidak berangkat dari nol. Kita berutang sesuatu kepadaorangtua dan dukungan orang lain. Tetapi sebenarnya mereka tanpa kecuali, adalah penerima berbagaikeuntungan yang tersembunyi, kesempatan yang luar biasa, dan warisan kebudayaan yang membuatmereka bisa belajar dan bekerja keras serta menghadapi dunia ini dalam cara yang tidak bisa dilakukanorang lain. Ini bukan buku tentang pohon yang tertinggi. Ini adalah buku tentang hutan – dan hoki adalahsebuah tempat yang bagus untuk memulainya karena penjelasan tentang siapa yang akan meraihpuncak dunia hoki akan lebih menarik dan rumit daripada yang terlihat. Sebenarnya kisah ini cukupaneh.3 Para pemain hoki yang paling hebat 40 % dari pemain dilahirkan diantara Januari dan Maret, 30% antara April dan Juni, 20 % antara Juli dan September, dan 10 % antara Oktober dan desember.4 Penjelasan untuk hal ini sebenarnya cukup sederhan. Hal ini tidak ada hubungannya denganastrologi ataupun keajaiban ditiga bulan pertama. Penjelasannya adalah batasan umur penerimaanuntuk berbagai kelas usia hoki di Kanada adalah tanggal 1 Januari.
    • 3. Orang tua dengan anak yang dilahirkan diakhir tahun seringkali berpikir untuk menundamemasukkan anaknya kesebuah TK: sulit untuk anak nerusia lima tahun untuk berkompetisi dengananak yang dilahirkan sekian bulan sebelumnya. Tetapi kebanyakan orang tua berpikir apapunkekurangan yang dihadapi oleh anak yang lebih muda di TK akan menghilang seiring waktu. Tetapikenyataannya tidak begitu.“ Bahwa penentuan batas usia akan menyebabkan efek yang bertahan sedemikian lamanya dansepertinya tidak ada seorangpun yang peduli tentang hal ini “.5 Memang pemain hoki yang berhasil mencapai tingkat profesional lebih berbakat dibandingkananda atau saya. Tetapi mereka juga mendapatkan langkah awal yang lebih besar, sebuah kesempatanyang tidak berhak didapatkan atau diraih oleh mereka sendiri. Dengan kata lain, orang – orang yang sukses adalah mereka yang kemungkinan besar diberikanberbagai kesempatan khusus yang menghasilkan kesuksesan di kemudian hari. Kesuksesan adalah apayang sering disebut oleh para sosiolog sebagai “ keuntungan yang terakumulasi “. Apa anda melihat konsekuensi dari cara yang telah kita pilih untuk memandang sebuahkesuksesan? Karena kita benar – benar mengagungkan kesuksesan, kita melewatkan kesempatan untukmengangkat orang lain kepuncak. Kita membuat peraturan yang mengacaukan keberhasilan. Kitaterlalau terpesona dengan mereka yang meraih kesuksesan dan terlalu cepat mengabaikan mereka yanggagal. Kita terus bergantung pada pemikiran bahwa kesuksesan adalah sebuah penghargaan atas kerjakeras seseorang dan bahwa lingkungan tempat kita tumbuh serta peraturan yang kita buat tidak adamemiliki pengaruh samasekali.6 Berbagai bumbu kesuksesan pada tingkatan tertinggi : semangat, bakat, dan kerja keras.
    • 4. Bab Dua Kaidah 10.000 jam1 Bill Joy adalah salah satu orang yang paling berpengaruh disejarah komputer modern. Ceritakegeniusan Bill Joy telah diungkapkan berulang kali dan pelajaran yang bisa diambil selalu sama. Iniadalah dunia yang dihuni meritokrat yang paling murni. Bidang komputer adalah sebuah bidang barudimana semua peserta dinilai atas bakat dan keberhasilannya. Ini adalah dunia dimana orang yangterbaik yang meraih kesuksesan dan Joy adalah salah satu diantaranya. Kesuksesan para atlet itu seharusnya karena sebuah meritokrat murni juga. Hanya ternyatatidak seperti itu faktanya. Kisah para atlet adalah kisah tentang bagaimana Outliers disebuah bidangmencapai kesuksesannya melalui kombinasi kemampuan, kesempatan, dan keuntungan yang telahdiatur sebelumnya.2 Pertanyaannya adalah : apakah memang ada yang disebut bakat bawaan? Jawaban yang pastiadalah ya. Hal yang membedakan antara seorang musisi dengan rekannya adalah seberapa besar kerjakeras yang mereka lakukan. Itu saja. Dan yang lebih penting, orang – orang yang berada dipuncak tidakhanya berlatih keras atau lebih keras dari orang lain. Mereka berlatih jauh lebih keras. Sebenarnya para peneliti telah mendapatkan sesuatu yang mereka yakini menjadi angka ajaibagar seseorang menjadi seorang ahli : sepuluh ribu jam. “ Gambaran yang muncul dari berbagai penelitian ini adalah perlunya latihan selama sepuluhribu jam untuk memperoleh keahlian yang dibutuhkan demi menjadi seorang ahli kelas dunia – dalamhal apapun ,” ahli saraf Daniel Levitin. Latihan bukanlah hal yang dilakukan setelah kita menjadi hebat. Latihan adalah hal yangmembuat kita menjadi hebat.3 Ini adalah kesempatan yang menyambut Bill Joy saat dia tiba di kampus Ann Arbor di musimgugur 1971. Dia tidak memilih Michigan karena komputer – komputernya. Dia tidak pernahberhubungan dengan komputer waktu Sma. Dia hanya tertarik dengan ilmu matematika dan teknik.Tetapi saat candu program merasuki dirinya ditahun pertamanya, dia kini berada – karena berbagaikebetulan – dalam salah satu tempat di dunia di mana seorang anak tujuh belas rahun bisa membuatsemua progran yang dia inginkan.
    • 5. Bill Joy memang brillian. Dia ingin belajar. Itu menjadi elemen terbesar. Tetapi sebelum diamenjadi seorang ahli, seseorang harus memberikan kesempatan kepadanya untuk belajar bagaimanamenjadi seorang ahli. “ Saya masih tidak begitu kompeten sewaktu masuk Berkeley. Saya menjadi cukup mahirditahun kedua. Itulah saat saya menuliskan berbagai program yang masih digunakan pada hari ini, tigapuluh tahun kemudian. “Dia berhenti sejenak untuk menghitungsesuatu didalam kepalanya. Membuatprogram pada tahun keduanya. Ditambah waktu dimusim panas, kemudian siang dan malam hariditahun pertamanya di Berkeley. “ jadi, jadi mungkin....sepuluh ribu jam?” ujarnya pada akhirnya. “ kira– kira sebanyak itu.”4 Contoh yang paling terkenal : The Beatles, salah satu band rock yang paling terkenal. “ DiHamburg , kami harus bermain selama delapan jam lamanya.” John Lennon.Delapan jam? ” Begituberita tersebar bahwa kami mengadakan pertunjukkan, penonton mulai berdatangan ke klub. Kamibermain tujuh malam setiap minggunya.”Pete Best (Drummer) tujuh hari dalam seminggu? Sesungguhnya, pada saat meraih kesuksesan di tahun 1964 mereka diperkirakan telah naikpanggung sebanyak 1200 kali. Kebanyakan band pada zaman sekarang tidak pernah melakukanpertunjukkan selama 1200 kali sepanjang karier mereka. Kawah candradimuka yang bernama Hamburgadalah salah satu hal yang membedakan The Beatles dari band lainnya.5 Bill Gates, brilian, anak genius matematika yang masih muda menemukan pemogramankomputer. Keluar dari Harvard. Mendirikan sebuah perusahaan komputer kecil bernama Microsoftdengan teman – temannya. Dengan mengandalkan kegeniusan, ambisi, dan keberanian merekamembangunnya menjadi raksasa perangkat lunak kelas dunia. Dia sudah jauh melawati batas minimum berlatih selama sepuluh ribu jam lamanya.“Aku memiliki pengalaman yang lebih baik dalam pengembangan perangkat lunak diusia mudadibandingkan orang lain dalam masa yang sama, dan semua karena serangkaian peristiwa yang benar –benar menguntungkan bagi diriku. “Gates6 Tetapi apa yang benar – benar membedakan sejarah mereka bukanlah bakat yang luar biasatetapi berbagai kesempatan istimewa yang diperolehnya. Semua Outlier yang sudah kita lihat sejauh ini mendapatkan sejenis kesempatan yang unik.Keberuntungan sepertinya tidak menjadi pengecualian bagi miliuner perangkat lunak dan band rockserta atlet bintang. Mereka sepertinya mengikuti kaidah itu.
    • 6. Kita berpura – pura bahwa kesuksesan sangat bergantung kepada kemampuan individu. Namunini adalah cerita tentang orang – orang yang diberi kesempatan istimewa untuk bekerja benar – benarkeras dan meraihnya. Kesuksesan mereka tidak hanya karena usahanya sendiri. Kesuksesan merekaadalah sebuah produk dunia yang mereka diami. Menurut Bill Joy, bila dia dilahirkan sedikit lebih tua dan harus menghadapi pemrogaman yangmembosankan dengan kartu komputer, ia akan mempelajari ilmu lainnya.
    • 7. Bab Tiga Permasalahan dengan orang genius, Bagian I1 Orang biasa memiliki IQ sebesar seratus, Einstein sebesar seratus lima puluh, Chris langanmemiliki IQ sebesar seratus sembilan puluh lima. Dia mendapatkan nilai yang sempurna untuk ujian SATwalaupun sempat terrtidur saat ujian berlangsung.2 Lewis Terman, seorang profesor muda di fakultas psikologi di Stanford University. Selamabertahun – tahun lamanya kita telah mengikuti apa kata orang seperti Terman saat memahamipentingnya kecerdasan tinggi. Tetapi seperti apa yang akan kita lihat, Terman telah membuat sebuahkesalahan. Dia salah dalam menilai Termites – nya. Terman tidak paham siapa Outliers itu sesungguhnyadan itu adalah kesalahan yang kita buat sampai hari ini.3 Pada umumnya, semakin tinggi nilai IQ anda, semakin tinggi pendidikan yang bisa anda raih,semakin banyak yang bisa anda hasilkan, dan percaya atau tidak semakin lama hidup anda.4 Tuliskan sebanyak mungkin kegunaan yang dapat anda pikirkan tentang: Batu bata dan selimut.5 Kesalahan Terman adalah ia jatuh cinta dengan kenyataan bahwa Termites – nya adalah orang –orang yang berada dipuncak skla nilai kecerdasan – pada tingkatan sembilan puluh sembilan persentildari sembilan puluh sembilan persentil, tanpa menyadari betapa sedikit arti dan pengaruh fakta yangluar biasa itu. Kalau kita ingin mengetahui seberapa besar kemungkinan dirinya menjadi Outlier yangsesungguhnya, kita harus tahu lebih banyak tentang dirinya lagi.
    • 8. Bab Empat Permasalahan dengan orang genius, Bagian II1 Harvard pada dasarnya adalah perusahaan yang sukses, beroperasi dengan tujuan mendapatkankeuntungan.Itulah yang menjadi kelebihannya. Harvard memiliki dana miliaran dolar. Orang – orangyang menjalankannya ridak selalu mencari kebenaran dan pengetahuan. Mereka menginginkankesempatan besar.2 Profesor itu tidak pernah menyadari bahwa Chris Langan benar – benar hebat dalam kalkulus.3 Hanya ada dua buah “falsafah” dalam menjadi orang tua dan keduanya hampir sama rata. Orangtua dari keluarga kaya mendidik anak – anaknya dengan sebuah falsafah dan keluarga yang tidak kayamengajarkan falsafah yang lainnya. Lareau menyebut gaya orang tua kelas menengah keatas sebagai concerted cultivation. Merekaberusaha untuk secara aktif memelihara dan menilai bakat, opini dan keahlian seorang anak. Sebaliknyaorang tua miskin cenderung mengikuti strategi keberhasilan seiring pertumbuhan alami. Dalam istilah Lareau, anak – anak kelas menengah keatas mempelajari perasaan memiliki “ hak“. Perasaan memiliki hak yang telah diajarkan kepadanya adalah sikap yang sangat cocok untukmendapatkan kesuksesan didunia modern.4 Jika anda adalah seorang dengan ayah yang sedang mendaki tangga dunia bisnis, anda bisamelihat secara langsung apa artinya bernegosiasi dengan keras. Jika anda mempelajari fisika di Harvard,anda tahu bagaimana cara berbicara dengan seorang jendral dari angkatan bersenjata yang belajar ilmuteknik di MIT.5 Yang mereka temukan adalah semua yang kita harapkan kita temukan bilamembandingkan anak– anak dari atmosfer concerted cultivation dan anak – anak yang dibesarkan dalam atmosferpertumbuha alami.6 Dia tahu bagaimana orang lain melihat keadaannya : sebuah paradoks kegeniusan Chris Langan.Chris Langan harus menjalaninya sendiri, dan tak seorangpun–entah dia musisi terkenal, atletprofesional, miliuner perangkat lunak, atau bahkan orang genius–yang bisa menjalani semua itu sendiri.
    • 9. Bab Lima Tiga Pelajaran dari Joe Flom1 Joe Flom adalah partner terakhir kantor pengacara Skadden, Arps, Slate, Meagher, and Flomyang masih hidup.”Dia memiliki kemampuan untuk membuat sebuah penilaian“.2 Ini adalah cerita orang miskin yang menjadi orang kaya, dan semua yang kita pelajari sejauh iniari pemain hoki dan miliuner perangkat lunak serta Termites menunjukkan bahwa kesuksesan tidakberjalan seperti itu. Orang – orang sukses tidak melakukannya sendiri. Latar belakang keluarganyamemegang peranan penting. Mereka adalah produk dari tempat dan lingkungan tertentu. Kesempatan apakah yang pernah didapatkan Joe Floem? Apakah kita bisa menelaah ekologi JoeFlom dan mengidentifikasi berbagai kondisi yang membantu dirinya mencapai kesuksesan? Joe Flom adalah seorang outlier. Tetapi dia bukan menjadi outlier karena berbagai alasan yangmungkin anda pikirkan sekarang.3 Pelajaran nomor satu Seperti yang terjadi dengan para outlier, terpendam didalam setiap hambatan ada sebuahkesempatan emas.4 Pekerjaan pengacara yang sesungguhnya adalah menyelesaikan perselisihan didalam ruangankonferensi, bukan diluar pengadilan. Dan untuk melakukan “ perkelahian suara “, satu – satunyapengacara yang bisa didapatkan para investor adalah seseorang seperti Joe Flom. Para pengacara yang berhasil memenangkan pertarungan dilubang ular biasanya adalah merekayang hebat berdebat secara spontan. Tetapi tidak ada yang lebih baik dalam hal ini selain Joe Flom....Flom memiliki pengalaman yang sama. Selama dua puluh tahun lamanyamenyempurnakan keahliannyadi Skadden, Arps. Kemudian dunia berubah dan dia sudah siap.5 Pelajaran nomor dua Maurice Janklow, anak sulung dari imigran Yahudi dari Rumania. Anak yang paling cerdas danberpendidikan tinggi. Tapi karir Maurice tidak melesat seperti yang diharapkannya. Dia berjuang kerastapi tidak berhasil. Anaknya Mort Janklow, setiap mimpi yang gagal diraih oleh sang ayah telah dia raih.
    • 10. Apakah ada sebuah waktu yang sempurna untuk dilahirkan menjadi seorang pengacara Yahudidi New York? Ternyata jawabannya ada dan fakta yang sama yang menolong menjelaskan kesuksesanMort Janklow ini manjadi kunci kedua atas kesuksesan yang diraih Joe Flom.6 Terman memperkuat penyataan yang dibuat oleh Annette Lareau bahwa kelas sosial orangtuaanda sangat berpengaruh pada kesuksesan anda. Logika Demografi dapat diterapkan pada pengacara yahudi di New York seperti MauriceJanklow. Semua pintu firma hukum besar di Manhattan tertutup bagi mereka. Jadi mereka semuaterpaksa mendirikan kantor sendiri.7 Kebangkitan Joe Flom yang pesat tidak bisa terjadi kapan saja, bahkan pengacara yang palinghebat, disenjatai dengan berbagai ajaran keluarga yang terbaik, tidak bisa menghindari berbagai batasanyang dihadapi generasinya.8 Pelajaran nomor tiga Louis dan Regina Borgenicht. Menemukan sebuah kesempatan didepan mata, sebuahkesempatan yang menunggu untuk diraih. Dia menemukan barang “ baru “, celemek bersulam. Empatpuluh celemek telah habis terjual. Inilah bisnis kita!9 “ Tidak diragukan lagi bahwa para imigran yahudi tiba disaat yang tepat, dengan keahlian yangtepat ,” ujar sang sosiolog Stephen Steinberg.10 Kalau kita bekerja cukup keras dan bersikap asertif serta menggunakan pikiran dan imajinasi kitamaka kita bisa membentuk dunia ini seperti apa yang kita inginkan.11 Para dokter dan pengacara yahudi tidak menjadi profesional walaupun dengan latarbelakangnya yang dianggap rendah. Mereka menjadi profesional karena latar belakangnya yangdianggap rendah itu.12 Kesuksesan bukan didapatkan secara acak. Kesuksesan muncul dari serangkaian kesempatandan keadaan yang hebat dan sudah bisa ditebak. Orang – orang ini telah dilahirkan dalam palingdemografi. Dunia mereka – budaya, generasi, dan sejarah keluarga – memberikan berbagai kesempatanyang paling hebat kepada mereka.
    • 11. Bagian Dua “ Warisan Budaya “ Bab Enam1 Harlan, KentuckyBanyak tempat di abad kesembilan belas di amerika dimana orang – orang hidup dengan harmonis.Harlan, Kentucky, bukanlah salah satu diantaranya.2 Daerah itu dihinggapi sejenis virus ganas yang sering disebut oleh para sosiolog sebagai “budaya kehormatan diri “. Budaya kehormatan diri cenderung muncul di dataran tinggi dan daerah yangtidak begitu subur. Ini adalah bentuk strereotipe ras dan etnik. Hipotesis “ budaya kehormatan-diri “ menyatakanbahwa asal – usul anda memegang peranan penting, bukan hanya dalam artian dimana anda dibesarkanatau tempat orang tua anda dibesarkan, tetapi dalam artian dimana daerah asal kakek buyut dan kakekcanggah, bahkan orangtua kakek canggah anda. Dalam penelitian yang lebih dalam warisan budayaternyata lebih aneh dan lebih hebat daripada itu.3 Faktor yang membedakan bagaimana mereka bereaksi bukanlah tingkat emosi mereka ataupakah mereka ank pintar,dll. Yang lebih penting-dan saya rasa anda bisa menduga arah penjelasan ini-adalah asal usul mereka.4 Kita telah melihat kesuksesan dari berbagai keuntungan. Dan sekarang apa kita bisamempelajari sesuatu tentang mengapa orang meraih kesuksesan dan bagaimana membuat orang lebihbaik dalam apa yang di kerjaannya dengan menyikapi warisan budaya dengan lebih serius?Saya rasa kitabisa.
    • 12. Bab Tujuh Teori Etnik Mengenai Jatuhnya Pesawat Terbang1 Korean Air 801, lepas landas dengan mulus, tapi pada 01.42 dan 26 detik, pesawat itumenghantam Nimitz Hill, pegunungan yang rimbun tiga mil sebelah barat daya bandara-baja senilai $60dan bera 212.000kilogram menghunjam ketanah bebatuan dengan kecepatan seratus mil per jam.Pesawat itu meluncur sejauh dua ribu kaki, menghancurkan pipa minyak dan menebas pepohonan, 228dari 254 orang didalam pesawat telah tewas.2 Cerita ini berubah karena kenyataan sederhana : kenyataan yang sama yang terjadi dalamkehidupan Harlan dan para mahasiswa di Michigan. Korean Air tidak mendapatkan kesuksesan-maskapaitersebut tidak mentransformasi dirinya sendiri-sampai maskapai itu mengakui betapa pentingnyawarisan budaya.3 Sebuah situasi yang kritis diselesaikan melalui serangkaian langkah yang rumit-dan entahmengapa para pilot gagal mengkoordinasi dan melewati salah satu langkah tersebut.4 Ini adalah kasus klasik, bagaimana manusia berinteraksi dengan berbagai sistem yang rumitseperti reaktor nuklir dan pesawat terbang.5 Ratwatte adalah pilot yang hebat, memiliki keahlian teknis untuk mendaratkan pesawat yangberat. Dan yang membuat pendaratannya berhasil adalah karena dia mempunyai kemampuan diluarkeahlian pilot yang biasasaja.6 Masalah yang dihadapi adalah cuaca7 Enam cara membujuk seorang pilot untuk mengubah arah dan menghindari cuaca buruk,dengan tingkat penghalusan yang berbeda. Perintah, pernyataan wajib awak kapal, saran awak kapal,pertanyaan, keinginan, dan petunjuk.8 Pembicaraan di kokpit Avianca 052.
    • 13. 9 Pada suatu titik Ratwatte mulai berhati-hati dalam mengungkapkan pendapatnya, karena diasebentar lagi akan membuat generalisasi kebudayaan yang sering membuat kita merasa tidak nyaman.10 Hari ini Dimensi Hofstede adalah salah satu paradigma yang sering digunakan oleh psikologiantar-kebudayaan.Dimensi Hofstede lainnya adalah “ menghindari ketidakpastian “.Dari Dimensi Hofstede yang paling menarik disebut “ Power Distance index (PDI)”,jarak kekuasaan,berhubungan dengan sikap seseorang dalam menghadapi hierarki atau atasan, khususnya denganseberapa besar sebuah budaya menghargai nilai dan menghormati pihak yang berwenang. Kemampuan kita untuk meraih kesuksesan dalam apapun yang kita lakukan sangat bergantungpada asal-usul kita, dan menjadi seorang pilot yang bagus yang berasal dari budaya jarak kekuasaanyang tinggi merupakan kombinasi yang tidak bagus.11 Masing-masing kesalahan itu bila berdiri sendiri tidak akan menyebabkan sebuah kecelakaan.12 Ada sesuatu yang indah dari percakapan itu, dalam arti yang sesungguhnya sikap ini tidakmengizinkan ketidaksensitifan atau sikap acuh tidak acuh.13 Kenapa kenyataan bahwa kita berasal dari kebudayaan dengan campuran kekuatan dankelemahannya sendiri, kecenderungan, sungguh sulit untuk diakui? Siapa diri kita tidak bisa dipisahkandari asal kita berada-dan saat kita mengabaikan kenyataan itu, kecelakaan akan terus terjadi.14 Dengan bencana mengintai mereka, baik first officer dan flight engineer akhirnya beraniberbicara. Mereka ingin sang kapten memutar balik, untuk menaikkan hidung pesawat dan memulaiusaha pendaratan sekali lagi. Tetapi semua telah terlambat.
    • 14. Bab Delapan Bertani Padi dan Ujian Matematika1 Sawah “ dibangun “ bukan “ dibuka ” sebagaimana lahan gandum. Antropolog berkata “ nasiadalah kehidupan “, Jika anda ingin menjadi orang yang dihargai didaerah Cina, anda harus memilikinasi. Nasi membuat anda bisa bertahan hidup.2 Warisan budaya memiliki peranan penting, begitu kita melihat efek yang mengejutkan tentangbagaimana hal seperti jarak kekuasaan dan angka yang bisa disebutkan dalam seperempat detik danbukannya sepertiga detik, maka tidak sulit untuk membayangkan berapa banyak warisan budaya lainnyayang memiliki pengaruh atas kemampuan intelektual di abad dua puluh satu ini.3 Fakta yang mengejutkan tentang sawah yang tidak bisa dipahami sampai saat ini bila andaberdiri ditengah-tengahnya adalah-ukurannya. Ukurannya sangat kecil.Bekerja disawah memakan tenaga sepuluh sampai dua puluh kali lebih besar daripada bekerja dikebunjagung atau gandum yang berukuran sama besarnya. Beban tahunan seorang petani padi di asia sekitartiga ribu jam setiap tahunnya.4 Ada sebuah hubungan yang jelas didalam bertani antara usaha dan hadiah.Semakin keras andabekerja semakin besar hasil panennya. Dan ucapan yang paling hebat adalah : “ tidak ada seorangpunyang bangun sebelum subuh selama tiga ratus enam puluh hari dalam satu tahun tidak mampumembuat keluarganya kaya raya “. Bekerja keras adalah yang dilakukan oleh orang sukses. Dan kebudayaan yang terbentuk dilahansawah adalah bekerja keras memberikan mereka yang bekerja disawah sebuah cara untuk menemukanarti ditengah – tengah ketidakpastian dan kemiskinan yang luar biasa.5 Kemiringan sebuah garis vertikal adalah tak-berhingga.6 Bagi Schoenfeld, yang penting bukanlah kemampuan tetapi lebih kepada sikap. Kesuksesanadalah hasil dari kegigihan, keteguhan dan ketersediaan untuk bekerja keras selama dua puluh duamenit untuk mengartikan sesuatu yang akan ditinggalkan setelah tiga puluh detik oleh banyak orang.
    • 15. 7 Kesamaan pada lima negara ( Singapura, Korea Selatan, Cina (Taiwan), Hongkong dan Jepang)adalah semua kebudayaannya dibentuk dari tradisi pertanian dan pekerjaan yang berharga.
    • 16. Bab Sembilan Kesepakatan Marita1 KIPP adalah organisasi yang meraih kesuksesan dengan menangani masalah budaya yang serius.2 Edward Jarwis “ hubungan antara Pendidikan dengan Ketidakwarasan, dan menyimpulkanbahwa belajar terlalu banyak menjadi penyebab dari 205 kasus.3 Bagi siswa dari keluarga miskin, Amerika tidak memiliki masalah di sekolah. Amerika memilikimasalah di liburan musim panas dan itulah masalah yang dicoba untuk diselesaikan oleh sekolah –sekolah KIPP. Mereka memutuskan untuk menerapkan pelajaran tentang kebudayaan sawah ke kota –kota di Amerika.4 Waktu berlebih itu memberikan Corcoran kesempatan untuk membuat matematika menjadilebih berharga.5 Marita, anak dua belas tahun yang memilik jam belajar sebanyak pengacara yang mencobameraih posisi partner dikantornya, atau dokter di rumah sakit.6 Dia membuat perjanjian dengan sekolahnya, KIPP akan membuat mereka meraih nilaimatematika minimal 84 persen dari tingkatannya. Berkat kinerja yang luar biasa itu, 90 persen dari siswaKIPP mendapatkan beasiswa Sma swasta dan paroki. Kesuksesan adalah hadiah. Outlier adalah mereka yang telah diberikan serangkaian kesempatandan mereka yang memiliki kekuatan dan kegigihan untuk meraihnya. Marita hanya memerlukan kesempatan. Dan lihat kesempatan yang didapatkan olehnya,seseorang membawakan sejumput sawah ke South Bronx dan menjelaskan kepadanya keajaiban daripekerjaan yang berharga.
    • 17. EPILOG Sebuah Kisah dari Jamaika1 Joyce dan Graham jatuh cinta dan menikah. Mereka pindah ke Kanada. Graham adalah profesormatematika. Joyce menjadi penulis yang sukses dan ahli terapi keluarga. Nama keluarga Graham adalahGladwell. Dia adalah ayah saya dan Joyce Gladwell adalah ibu saya.2 Cerita tentang perjalanan hidup ibu saya dalam meraih kesuksesan. Joyce Gladwell patutbersyukur pada W.M. MacMillan atas pendidikan di universitas dan kepada siswa di Saint Hilda yangmenyerahkan beasiswanya dan kepada Mr.Chance serta yang paling penting pada Daisy Nation.3 Fakta yang harus diingat adalah pada tahun 1950an “ hitam “ mendominasi sekitar 80 persendari populasi Jamaika, dengan rasio lima banding satu.4 Pada akhirnya dia (ibuku) harus mengakui bahwa amarah bukanlah pilihan dan sebagai seorangjamaika yang memiliki kulit berwarna, yang mendapatkan keistimewaan sekian generasi lamanya berkathierarki ras, dia tidak bisa membenci orang lain karena memiliki sifat memilah-milah orang berdasarkanwarna kulitnya. Tidak mudah untuk sedemikian jujurnya dalam mengakui asal-usul kita.Mereka semua adalah produk sejarah dan masyarakat, produk kesempatan dan warisan.
    View More